01/08/11

Sosiologi Kesehatan


Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pergaulan hidup antara seseorang dengan seseorang,perseorangan dengan golongan,atau golongan dengan golongan.
Ada dua unsur pokok dalam sosiologi,yaitu manusia dan hubungan sosial (masyarakat).Sosiologi merupakan cabang ilmu social yang dahulunya berinduk pada ilmu filsafat.Sehingga pokok-pokok pemikiran sosiologi tidak terlepas dari pemikiran para ahli filsafat yang mengkaji tentang masyarakat.
Sosiologi mempunyai bidang kajian yang sangat luas ,antara lain Sosiologi Industri,Sosiologi Hukum,Sosiologi Pendidikan,Sosiologi Perkotaan,Sosiologi Pedesaan,dll.
Sosiologi kesehatan merupakan cabang sosiologi yang relative baru.Merupakan pendahulunya dan masih terkait erat dengan ilmu ini,di masa lalu dikenal dengan Sosiologi Medis yang juga cabang dari Sosiologi.
Perkembangan ilmu sosiologi kesehatan dimulai sejak manusia itu sadar bahwa kesehatan tidak hanya sebatas fisik,melainkan juga mental serta kondisi sseseorang.Dalam ilmu ini dikenal beberapa istilah yang menunjukan sumbangan atau peran sosiologi pada bidang kesehatan,yaitu:
                1.Sociologi in Medicine,adalah sosiolog yang bekerjasama langsung dengan dokter dan staf kesehatan lainnyadi dalam mempelajari factor social yang relevan dengan terjadinya gangguan kesehatan ataupun sosiolog berusaha berhubungan langsung dengan perawatan pasien atau untuk memecahkan masalah kesehatan masyarakat.
                2.Sociologi of Medicine,berhubungan dengan organisasi,nilai,kepercayaan terhadap praktek kedokteran sebagai bentuk dari perilaku manusia yang berada dalam lingkup pelayanan kesehatan.
                3.Sociologi for Medicine,berhubungan dengan strategi metodologi yang dikembangkan sosiologi untuk kepentingan bidang pelayanan kesehatan.Misalnya teknik sklsls pengukuran Thurstone,Likert,Guttman yang membantu mengenali atau menukur skala sikap.Peran ini juga meliputi prosedur matematis multivariate serta analisis factor dan analisis jaringanyang biasa digunakan para sosiolog dalam pengumpulan data atau menjelaskan hasil penelitian.
                4.Sociologi from Medicine,menganalisa lingkungan kedokteran dari perspektif social .Misalnya bagaimana pola pendidikan,perilaku,gaya hidup para dokter,atau sosialisasi mahasiswa kedokteran selama mengikuti pendidikan kedokteran.
                5.Sociologi at Madicine,merupakan bagian yang lebih banyak mengamati orientasi politik dan ideology yang berhubungan dengan kesehatan.Misalnya,bagaimana suatu struktur pengobatan Western (gaya barat) akan mempengaruhi perubahan pola pengobatan sekaligus merubah pola interaksi masyarakat.
                6.Sociologi around Medicine,menunjukan bagaimana sosiologi menjadi bagian atau berinteraksi dengan ilmu yang lain seperti antropologi,ekonomi,etnologi,etik,filosofi,hokum maupun bahasa.
Dalam menganalisa situasi kesehatan,sosiolgi kesehatan bermanfaat untuk mempelajari cara orang mencari pertolongan medis.
Selain itu,perhatian sosiologi terhadap perilaku sakit umumnya dipusatkan pada pemahaman penduduk mengenai gejala penyakit serta tindakan yang dianggap tepat menurut tata nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
Manfaat sosiologi kesehatan yang lain adalah menganalisa faktor-faktor social dalam hubungannya dengan etiologi penyakit.Aspek lain yang menjadikan sosiologi bermanfaat bagi praktek medis bahwa sakit dan cacat fisik selain sebagai kenyataan social sekaligus juga sebagai kenyataan medis.
Sosiologi kesehatan juga memberikan analisis tentang hubungan dokter dengan pasien.Dikemukakan bahwa hubungan tersebut meliputi berbagai koflik potensial,seprti konflik kepentingan pasien dengan kepentingan keluarga dan dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar,kritik dan saran anda,akan membantu dalam memperbaiki blog ini.terima kasih...